Hal yang Bisa Dilakukan untuk Ayah dan Ibu

Sumber: sumber.com
Beberapa waktu lalu, aku menjenguk mama temanku di rumah sakit. Mamanya menderita kanker atau tumor rahang (kalau tidak salah ingat). Sudah menjalani kemo beberapa kali dan juga dirawat inap. Beberapa bulan belakangan diketahui keadaannya cukup membaik. Namun, kemarin kembali kritis lagi. Ibu tua itu tidak sanggup berjalan.

Ia dirawat dan selama 2 hari tidak sadarkan diri. Dokter sudah berupaya untuk membangunkan beliau. Dari menepuk nepuk bagian tubuh, hingga memberi suntikan. Namun si ibu tetap tidka sadarkan diri.



Saat aku dan teman-teman mengunjunginya, ibu tersebut masih tidur. Mungkin bisa kupanggil ibu Susi, karena anaknya bernama Susi. Melihat kondisi ibu Susi mengingatkan ku pada ibu dan nenekku di rumah. Di saat yang sama, ibuku juga lagi sakit. Beliau tidak bisa jalan karena kakinya bengkak.

Saat beliau sakit, aku tidak bisa merawatnya karena ia jauh di pulau sana. Aku melihat ibu Susi dirawat oleh anaknya sendiri membuatku trenyuh. Sedih akan keadaan di rumah. Aku belum bisa merawat ibuku sendiri.

Berbahagialah kalian yang masih tinggal dengan ayah dan ibu. Rawatlah mereka dengan baik selagi masih ada kesempatan. Jika kalian sudah berpisah, bekerja di luar kota atau berkeluarga, akan sulit menemukan waktu yang tepat untuk merawat mereka.

Bagi kamu yang berada jauh dari rumah, jangan khawatir. Bentuk mutlak dari kasih sayang adalah selalu mengirimkan doa untuk mereka. Jika kamu sudah bekerja, kamu bisa menyisihkan uang kamu untuk dikirimkan. Atau jika diantara kalian ada yang masih sekolah, kalian bisa berkirim kabar setiap hari. Berkirim kabar menjadi salah satu perawatan keadaan mereka agar tidak khawatir

Nah, untuk kamu yang masih di rumah, tentu banyak sekali hal yang bisa kamu lakukan.
Aku ingin memberikan sedikit contoh. Pertama, membantu ibu menjaga kebersihan rumah. Aku tahu, sepulang kamu bekerja atau sekolah pasti lelah. Namun, tidak ada salahnya jika kamu hanya mencuci piring kotor yang menumpuk atau menyapu ruang tamu yang berdebu.

Kedua, kamu bisa melayani ayahmu dengan membuatkan teh atau kopi untuk beliau. Bisa kamu lakukan di pagi hari, jika tidak keduluan oleh ibumu tentunya. Atau bisa kamu lakukan di malam hari, bisa juga ketika hari libur. Ayahmu pasti akan tersenyum bangga dengan hal yang kamu lakukan.

Ketiga, kamu bisa mengurangi waktu malas-malasmu dengan membantu ibu menyiapkan sarapan di hari libur. memang, bagi anak sekolah atau pekerja hari libur merupakan hari sakral untuk bangun siang. Tapi, mari kurangi kebiasaan itu. Banyak hal yang bisa kamu lakukan sepanjang hari jika kamu bangun pagi. Aku cukup sering melakukannya (meskipun aku tinggal sendiri).

That's all. Aku hanya memberi contoh kecil bentuk perhatian yang bisa kita lakukan untuk ayah dan ibu. Aku yakin, banyak hal besar yang kamu lakukan untuk mereka dalam kehidupan sehari-hari. Sharing di kolom komentar yah ♡
Have a nice weekend ♡

Komentar

Posting Komentar